9.30.2011

otot super cepat bantu kelelawar bikin dengungan

Sekitar 70 persen dari kelelawar membuat seruan, termasuk dengungan yang khas dengan menggunakan laring mereka. Fungsinya, untuk "melihat" daerah sekitar, melacak dan menangkap serangga terbang dengan mendengarkan gema (keterampilan dikenal sebagai echolocation). Seruan maupun dengungan bernada tinggi tersebut dihasilkan oleh satu set otot supercepat yang terdapat di laring mereka. Oleh karena itu, mereka merupakan spesies mamalia pertama yang diketahui memiliki otot supercepat seperti itu yang sebelumnya hanya terlihat pada ular tertentu dan ikan. 


"Dengungan yang didukung oleh otot-otot supercepat tersebut sangat penting dalam evolusi kelelawar," kata peneliti Coen Elemans dari University of Southern Denmark kepada LiveScience

Dalam sebuah penelitian, otot laring kelelawar Myotis daubentonii mampu melakukan kontraksi 190 per detik atau 100 kali lebih cepat dibandingkan otot kaki manusia. Dengan demikian, mereka mampu membuat seruan atau dengungan setidaknya 190 kali per detik atau 6 kali per milidetik. 

Lantas, bagaimana mereka bisa memiliki otot-otot supercepat? Sel mereka memiliki ekstra energi untuk membuat organel yang disebut mitokondria dan kalsium tambahan yang menggerakkan protein. Mereka kemungkinan juga memiliki jenis myosin [protein yang membentuk bagian-bagian sel-sel otot yang berkontraksi] yang berbeda. Para peneliti saat ini sedang mempelajarinya. Memahami bagaimana kinerja otot dapat membantu kita memahami penyakit otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar