10.01.2011

temuan baru di planet merkurius

 
Citra NASA yang dirilis tahun 2008 ini menunjukkan peningkatan citra Merkurius dari Messenger. NASA mengatakan bahwa Messenger berhasil memasuki orbit Merkurius pada Kamis malam. Ini menandai kali pertama pesawat antariksa berhasil memasuki orbit planet terdalam di tata surya kita.


Sebuah pesawat ruang angkasa dikirim untuk mengeksplorasi Merkurius guna mencari data yang dapat digunakan untuk menulis ulang sesuatu yang terkait dengan pertumbuhan planet.
Messenger, wahana penjelajah ruang angkasa NASA, yang mengorbit di sekitar planet kecil berbatu telah memastikan bahwa Merkurius memiliki medan magnet miring [medan magnet planet ini bergeser sekitar 300 mil ke arah utara khatulistiwa], belerang dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari dugaan dan "cekungan" aneh di permukaannya.
Terbentuknya cekungan tersebut terkait dengan penguapan belerang. Akibat dibombardir oleh panas matahari, belerang menguap dan mengakibatkan batu di mana ia tertanam runtuh sehingga terbentuklah cekungan.
"Ada sesuatu yang sangat menarik dan belum kita mengerti," kata Brian Anderson, seorang fisikawan ruang angkasa di Johns Hopkins University.
UPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar